JIKUSTIK

Jikustik adalah grup musik Indonesia yang terbentuk tanggal 26 Februari 1996 di Yogyakarta dengan anggota: Pongki (vokal, gitar, Icha (bass, vokal), Dadi (gitar, vokal), Adhit (keyboard) dan Carlo (drum).

Discografi:

  1. Bulan di Djogja (indie)

  2. Seribu Tahun (2000)

  3. Seribu Tahun Repackaged (2001)

  4. Perjalanan Panjang (2002)

  5. Sepanjang Musim (2003)

  6. Pagi (2004)

  7. Kumpulan Terbaik Jikustik (2005)

  8. Siang (2006)

Perjalanan karir

[G-Coustic]

G-Coustic adalah nama Jikustik ketika mereka masih nge-band di kafe-kafe dan juga saat mereka mengeluarkan album indie mereka. Huruf ‘G’ berasal dari nama Geronimo, sebuah radio di Jogja, yang menjadi cikal bakal Jikustik. Sedangkan Coustic berasal dari kata acoustic.

Dizzy

Icha dan Adhit pernah membentuk grup band bersama Eross ‘Sheila on 7’, sebelum bergabung dengan Jikustik. Grup bernama Dizzy itu kerap manggung di acara sekolah dan kampus. Dizzy membawakan lagu rock n roll sampai top 40 dengan Icha sebagai vokalisnya.

Album Indie

Sebelum masuk Warner, Jikustik pernah mengeluarkan album indie yang diproduseri oleh Woodles (salah satu produser indie label di Jogja). Album indie mereka berjudul Bulan di Djogja. Berisi lagu-lagu antara lain Bulan di Pangkuan, Bersanding Denganmu, Rie…, Menunggumu Pulang, Seribu Tahun Lamanya, Separuh Hati, Didera Hujan dan Adinda. Sebagian lagu yang terdapat dalam album indie mereka dimasukkan ke dalam album Seribu Tahun.

Indonesia – Malaysia

Pongki dan Icha tidak hanya menciptakan lagu untuk grup mereka sendiri. Mereka juga menciptakan lagu untuk penyanyi lain dan banyak sekali yang menjadi hits. Di antaranya dibawakan oleh Audy, Iwan Fals, Chrisye dan Rossa. Tidak hanya penyanyi Indonesia, artis Malaysia pun membawakan lagu ciptakan dari personel Jikustik itu. Siti Nurhaliza dengan lagu Seindah Biasa ciptaan Pongki. Dan Sheila Madjid menyanyikan lagu Icha, yang berjudul Cobalah Bertahan dalam album terbarunya.

Trivia

Secara tidak langsung, Jikustik banyak terlibat dengan angka delapan. Kata ‘Jikustik’ terdiri delapan huruf. Studio rekaman mereka di Jogja terletak di Jl. Wulung No. 8. Dan formasi Jikustik yang sekarang adalah formasi yang ke delapan.

Trilogi

Jikustik menerapkan konsep trilogi pada judul-judul album mereka. Tiga album pertama Jikustik (Seribu Tahun, Perjalanan Panjang dan Sepanjang Musin), bertemakan sebuah waktu yang panjang. Sedangkan tiga album selanjutnya bertemakan hari. Pagi, judul album keempat Jikustik, sudah keluar setahun yang lalu. Akan disusul album Siang dan Malam.

Tanpa Kata Cinta

Meskipun sebagian besar lagu Jikustik bertema cinta dan mempunyai lirik romantis, tapi tidak ada satu lagu pun di antara lagu-lagu mereka yang memuat kata ‘cinta’ dalam liriknya.

 


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: